Aktivitas 1 Refleksi Diri - Modul 4
Pertanyaan Pemantik untuk Aktivitas 1
Refleksi Diri:
1.
Bagaimana
seorang guru dapat mengelola kelas dan memenuhi kebutuhan belajar
murid-muridnya yang berbeda-beda?
Jawaban:
Bagi seorang guru menghadapi siswa-siswi yang
berbeda-beda karakter memulainya dengan melakukan pengenalan setiap siswa-siswinya
secara individu, dan memperhatikan gaya belajarnya sehingga siswa-siswinya
tidak jenuh dalam belajar.untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran tersebut saya
menggunakan beberapa cara yaitu melalui pembelajaran berdiferensiasi.
2.
Bayangkanlah
kelas yang saat ini Anda ampu dengan segala keragaman murid-murid Anda.
Jawaban:
Dikelas saya terdapat bermacam-macam sifat
yang berbeda-beda, tentunya untuk melayani kemampuan siswa-siswi yang berbeda-beda
karakter tersebut saya harus menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan
kebutuhan belajarnya sesuai dengan kodratnya.
3.
Apa yang
telah Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda? Apa yang Anda
lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda?
Apakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan? Jika ada, perlakuan
seperti apa? Jika tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda?
Jawaban:
Yang saya lakukan untuk melayani siswa yang
berbeda yaitu menggunakan Teknik dan pendekatan yang berbeda dalam membimbing
dan memberi kesempatan yang sama kepada siswa-siswi saya. Hal tersebut memerlukan
beberapa waktu saat mendampingi siswa yang mengalami kesulitan dalam proses
belajarnya.
4.
Sebutkan
tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang
disebabkan oleh keragaman murid-murid Anda tersebut? Tindakan-tindakan apa yang
telah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?
Jawaban:
Tantangan yang di hadapi dalam proses
pembelajaran tersebut tentunya menghadapi keberagaman siswa-siswi. Tindakan yang
dilakukan saat menghadapi tantangan tersebut yakni menyesuaikan metode, materi
dan cara mengevaluasi siswa sesuai karakteristik, tingkat kemampuan, minat dan
gaya belajarnya.
5.
Menurut
Anda, untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid
tersebut, bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan
dievaluasi?
Jawaban:
Untuk mengakomodasi tantangan yang terkait
dengan keragaman siswa tersebut, seharusnya pembelajaran menggunakan pembelajaran
berdiferensiasi sehingga siswa tersebut dapat terfasilitasi dengan maksimal.
Komentar
Posting Komentar