Aktivitas 1 Refleksi Diri - Modul 4

 

Pertanyaan Pemantik untuk Aktivitas 1 Refleksi Diri: 

1.    Bagaimana seorang guru dapat mengelola kelas dan memenuhi kebutuhan belajar murid-muridnya  yang berbeda-beda?  

Jawaban:

Bagi seorang guru menghadapi siswa-siswi yang berbeda-beda karakter memulainya dengan melakukan pengenalan setiap siswa-siswinya secara individu, dan memperhatikan gaya belajarnya sehingga siswa-siswinya tidak jenuh dalam belajar.untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran tersebut saya menggunakan beberapa cara yaitu melalui pembelajaran berdiferensiasi.

2.    Bayangkanlah kelas yang saat ini Anda ampu dengan segala keragaman murid-murid Anda. 

Jawaban:

Dikelas saya terdapat bermacam-macam sifat yang berbeda-beda, tentunya untuk melayani kemampuan siswa-siswi yang berbeda-beda karakter tersebut saya harus menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan belajarnya sesuai dengan kodratnya.

3.    Apa yang telah Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda? Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda? Apakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan?  Jika ada, perlakuan seperti apa? Jika tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda? 

Jawaban:

Yang saya lakukan untuk melayani siswa yang berbeda yaitu menggunakan Teknik dan pendekatan yang berbeda dalam membimbing dan memberi kesempatan yang sama kepada siswa-siswi saya. Hal tersebut memerlukan beberapa waktu saat mendampingi siswa yang mengalami kesulitan dalam proses belajarnya.

4.    Sebutkan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid Anda tersebut? Tindakan-tindakan apa yang telah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?

Jawaban:

Tantangan yang di hadapi dalam proses pembelajaran tersebut tentunya menghadapi keberagaman siswa-siswi. Tindakan yang dilakukan saat menghadapi tantangan tersebut yakni menyesuaikan metode, materi dan cara mengevaluasi siswa sesuai karakteristik, tingkat kemampuan, minat dan gaya belajarnya.

5.    Menurut Anda, untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid tersebut, bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi? 

Jawaban:

Untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman siswa tersebut, seharusnya pembelajaran menggunakan pembelajaran berdiferensiasi sehingga siswa tersebut dapat terfasilitasi dengan maksimal.

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aktivitas 1 "Refleksi Diri"_Bunda EndangSW - Modul 3

Rangkuman Kesimpulan: Meningkatkan Kualitas Pengambilan Keputusan Melalui Pembelajaran

Aktivitas 5 Simpulan dan Keterkaitan Materi