Aktivitas 7 Jurnal Refleksi - Modul 6 Coaching

By: Endang Sri Wahyuni, S.ST – SMKN 2 Tarakan


  • Connection: Sebagai Calon Guru Penggerak dengan Materi Pelajaran Informatika yang saya pelajari sangat terkait dengan peran saya sebagai calon guru profesional. Saya menyadari bahwa sebagai seorang guru, saya bertanggung jawab tidak hanya untuk menyampaikan materi secara efektif kepada siswa, tetapi juga untuk menciptakan lingkungan belajar yang memfasilitasi pemahaman yang mendalam, refleksi, dan pertumbuhan siswa secara holistik. 
  • Challenge: Selama mengikuti pembelajaran, saya menemukan beberapa hal yang menarik dari narasumber yang berbeda dan dari praktik yang saya jalankan selama ini. Salah satunya adalah melakukan pendekatan dalam membangun keterampilan berpikir kritis siswa. Saya menyadari bahwa ada banyak cara untuk mengintegrasikan keterampilan berpikir kritis ke dalam pembelajaran saya yang mungkin belum saya kuasai. Namun dengan mengikuti materi ini saya banyak menemukan ide yang mungkin akan saya terapkan dikemudian hari.
  • Concept: Konsep Penting dalam Pendidikan, yaitu Membangun Keterampilan berpikir kritis, kolaboratif, dan kreatif pada siswa. Saya percaya bahwa membawa konsep-konsep ini ke dalam pengajaran saya akan membantu siswa menjadi pembelajar yang lebih mandiri dan berpikiran terbuka. Selain itu, memahami pentingnya membangun komunitas belajar yang inklusif dan mendukung juga menjadi fokus saya yang terus-menerus.
  • Change: Dengan adanya materi ini, saya merasa tertantang untuk melakukan beberapa perubahan dalam praktik pengajaran saya, yaitu meningkatkan upaya saya dalam memperkuat keterampilan berpikir kritis siswa melalui penggunaan strategi pengajaran yang lebih terbuka dan berpusat pada siswa. Saya juga berkomitmen untuk lebih berkolaborasi dengan rekan guru untuk bisa berbagi praktik terbaik dan memperkaya pengalaman belajar siswa secara keseluruhan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aktivitas 1 "Refleksi Diri"_Bunda EndangSW - Modul 3

Rangkuman Kesimpulan: Meningkatkan Kualitas Pengambilan Keputusan Melalui Pembelajaran