Modul 7_Aktivitas 1.2.a

Sebagai Kepala Sekolah yang baru diangkat, saya akan melakukan tindakan yang transparan, etis, dan berpihak pada kepentingan sekolah dan peserta didik. Berikut adalah langkah-langkah yang akan saya ambil:


  • Evaluasi Kebutuhan Sekolah: Pertama-tama, saya akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kebutuhan buku-buku pelajaran di sekolah, termasuk ketersediaan buku-buku yang sudah ada, serta kebutuhan aktual untuk tahun ajaran baru.
  • Pelaporan Kepada Yayasan/Manajemen Sekolah: Saya akan menghadap pihak Yayasan/Manajemen Sekolah dan memberikan laporan secara jujur mengenai situasi kebutuhan buku-buku pelajaran di sekolah, serta proses pertemuan dengan penerbit E.
  • Penolakan Tawaran 'Komisi': Saya akan menolak tawaran 'komisi' dari penerbit E dengan tegas, karena hal tersebut melanggar prinsip transparansi, etika, dan keadilan. Saya akan menjelaskan bahwa keputusan pembelian buku-buku pelajaran harus didasarkan pada kepentingan pendidikan dan pembelajaran peserta didik, bukan pada kepentingan pribadi atau keuntungan finansial
  • Pemilihan Buku-Buku Pelajaran Berdasarkan Kriteria Pendidikan: Saya akan memastikan bahwa proses pemilihan buku-buku pelajaran dilakukan berdasarkan kriteria pendidikan yang ketat, seperti relevansi dengan kurikulum, kualitas isi, kesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik, dan ketersediaan sumber daya tambahan.
  • Membangun Hubungan Kerja yang Etis dengan Penerbit: Saya akan menjelaskan kepada penerbit E bahwa kerjasama dengan sekolah harus didasarkan pada prinsip-prinsip etika, keadilan, dan kepentingan bersama. Saya akan membuka pintu untuk kerjasama yang transparan dan berpihak pada kemajuan pendidikan.
Apabila dipanggil oleh pihak Yayasan/Manajemen Sekolah untuk menjelaskan prosedur dan praktik pemesanan buku-buku tahun ajaran baru di sekolah, saya akan menjelaskan dengan jujur dan terbuka tentang langkah-langkah yang telah saya ambil dalam memastikan bahwa keputusan pembelian buku-buku pelajaran dilakukan dengan memperhatikan kepentingan pendidikan dan pembelajaran peserta didik, serta memastikan tidak adanya praktik-praktik yang merugikan atau tidak etis. Saya akan memberikan informasi detail mengenai proses evaluasi kebutuhan buku-buku pelajaran, kriteria pemilihan buku-buku, serta keputusan untuk menolak tawaran 'komisi' dari penerbit E sebagai bagian dari komitmen saya terhadap integritas dan profesionalisme dalam kepemimpinan pendidikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aktivitas 1 "Refleksi Diri"_Bunda EndangSW - Modul 3

Rangkuman Kesimpulan: Meningkatkan Kualitas Pengambilan Keputusan Melalui Pembelajaran