Aktivitas 1 Refleksi Diri - Modul 6_EndangSW_SMKN 2 Tarakan

 

Pertanyaan-pertanyaan reflektif sesi mulai dari diri:

  1. Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Bapak/Ibu pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Bapak/Ibu. Bagaimana perasaan Bapak/Ibu ketika diobservasi?

Jawaban:

Saya merasa bersyukur saat diobservasi karena saya melihatnya sebagai kesempatan untuk mendapatkan masukan-masukan yang dapat membantu saya secara langsung tentang praktik pengajaran saya. Selain itu, saya juga merasa dapat dukungan karena saya tahu kepala sekolah saya berkomitmen untuk membantu saya menjadi seorang guru yang lebih baik.

  1. Ceritakan pengalaman Bapak/Ibu saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut.

Jawaban:

Setelah di observasi saya juga merasa termotivasi untuk terus belajar dan berkembang sebagai seorang guru. Observasi memberikan kesempatan untuk refleksi yang mendalam tentang praktik pengajaran saya dan membantu saya menjadi lebih baik dalam mendukung pertumbuhan belajar dan pribadi siswa-siswa saya.

  1. Menurut Bapak/Ibu, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Bapak/Ibu berkembang sebagai seorang pendidik?

Jawaban:

Proses supervisi akademik yang ideal melibatkan pemantauan dan evaluasi berkala terhadap implementasi rencana tindakan. Ini memastikan bahwa guru terus mendapatkan dukungan dan bimbingan yang diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan.

  1. Menurut Bapak/Ibu, jika Bapak/Ibu saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Bapak/Ibu sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.

Jawaban:

Saya berusaha untuk menerapkan prinsip-prinsip supervisi akademik yang ideal, ada beberapa aspek yang mungkin perlu ditingkatkan dan diperbaiki. Misalnya, mungkin ada kendala waktu atau sumber daya yang membatasi kemampuan saya untuk terlibat secara langsung dalam setiap proses supervisi. Selain itu, kemungkinan adanya perbedaan dalam pemahaman atau interpretasi tentang pendekatan supervisi yang ideal antara saya dan staf pengawas lainnya juga dapat mempengaruhi penilaian ini.

  1. Aspek apa saja yang Bapak/Ibu butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal itu?

Jawaban:

Saya berusaha untuk terus mengembangkan pengetahuan dan keterampilan saya dalam bidang supervisi akademik melalui pelatihan, workshop, atau pembelajaran mandiri. Ini membantu saya untuk tetap relevan dengan praktik terbaru dalam bidang pendidikan.

 

Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif, tuliskan harapan Anda terkait modul ini :

  1. Apa saja harapan yang ingin Bapak/Ibu lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

Jawaban:

Saya sangat berharap dapat meningkatkan kolaborasi dan komunikasi dengan staf pengawas dan rekan guru dalam berupaya untuk menciptakan suasana lingkungan pembelajaran yang mendukung dan berpusat pada siswa.

  1. Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Jawaban :

Saya berharap modul ini menyertakan studi kasus dan contoh nyata dari praktik supervisi di berbagai konteks pendidikan, sehingga saya dapat belajar dari pengalaman orang lain.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aktivitas 1 "Refleksi Diri"_Bunda EndangSW - Modul 3

Rangkuman Kesimpulan: Meningkatkan Kualitas Pengambilan Keputusan Melalui Pembelajaran

Aktivitas 5 Simpulan dan Keterkaitan Materi